Jumat, 03 Juni 2016

Persiapan Lamaran

Dalam sebuah acara lamaran sederhana, biasanya hanya dihadiri oleh dua keluarga pasangan yang akan menikah saja, beberapa kerabat dekat, ketua RT, dan beberapa sahabat.


Meskipun tidak kalah krusial dengan acara pernikahan, pada umumnya acara lamaran dibuat sesederhana mungkin mengingat masih banyak biaya yang diperlukan hingga acara pernikahan berlangsung.

Acaranya pun dibuat simpel alias tidak menggunakan prosesi adat yang cenderung lama dan membutuhkan persiapan yang cukup panjang serta dana yang tidak sedikit. Agar semua acara lancar, Anda harus membuat sebuah daftar atau checklist yang berisi semua hal yang harus Anda dan pasangan persiapkan.

1. Cincin Lamaran
Bagi sebagian pasangan, acara lamaran juga merupakan acara pertunangan. Hal ini dilakukan buat menghemat waktu dan biaya, sehingga tak terlalu sering mengadakan acara. Tentu saja, sepasang cincin lamaran harus dipersiapkan sebelum hari lamaran.
Anda dapat memesan atau membelinya langsung di toko perhiasan. Agar mendapatkan cincin yang sesuai keinginan dengan ukuran dan model yang pas, Anda harus memilih buat memesan cincin lamaran tersebut. Cincin lamaran juga dapat digunakan kembali sebagai cincin pernikahan saat menikah nanti.

2. Hantaran atau Seserahan
Saat keluarga pria datang ke kediaman wanita, tentu saja mereka tak membawa tangan kosong. Ada beberapa hantaran yang diserahkan ke pihak wanita sebagai tanda pengikat dan dukungan buat melaksanakan pernikahan.
Secara umum, hantaran yang dibawa pihak pria adalah uang hantaran, perhiasan , baju lengkap dengan baju dalam, sepatu dan tas, keperluan buat berhias, seperangkat alat sholat, dan sebagainya. Bagi mereka yang masih berpegang pada tradisi adat, berbagai makanan tradisional dan sembako biasanya juga menjadi hantaran yang diserahkan.

3. Makanan
Di dalam sebuah acara, tentu makanan menjadi salah satu hal pokok yang harus dipersiapkan dengan baik. Anda dapat memilih untukt masak sendiri atau memesan semua makanan agar tak terlalu repot.
Untuk jenis makanan, Anda harus mempersiapkan makanan kecil atau snack dan makanan inti, seperti nasi beserta lauk pauknya. Jika keluarga besar Anda dan pasangan terdiri dari banyak anggota, memesan makanan menjadi pilihan yang bijaksana agar tidak terlalu repot sebelum acara berlangsung.

4. Akomodasi
Bagi pasangan yang tinggal di kota yang berjauhan, transportasi dan akomodasi juga merupakan poin krusial yang harus dipersiapkan. Untuk transportasi, keluarga pria dapat memilih beberapa pilihan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi.
Sedangkan buat akomodasi, pihak wanita harus mempersiapkan lokasi di mana keluarga pihak pria dapat menginap. Anda dapat mempersiapkan sebuah rumah yang dapat digunakan untuk menginap atau memesan beberapa kamar di salah satu hotel terdekat.

5. Pakaian
Beberapa pasangan sangat mempersiapkan acara lamarannya dengan detil agar lebih mengesankan. Salah satunya ialah dengan mempersiapkan pakaian. Anda dapat mempersiapkan baju yang seragam ataupun tidak, sesuai dengan selera dan kemampuan.
Dengan catatan, baju yang dikenakan sebaiknya baju resmi, sang wanita menggunakan kebaya dan sang pria menggunakan beskap atau setelan jas.

Demikian penjelasan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan acara lamaran sederhana yang sering kita lihat pada beberapa acara pernikahan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar