Minggu, 08 Mei 2016

Jenis Batu Ruby


Myanmar: Selama berabad-abad deposit batu ruby yang paling terkenal adalah di Myanmar (Birma) di kawasan yang bernama Mogok. Dari daerah tersebut dihasilkan batu ruby yang berkualitas baik, yaitu batu ruby yang berwarna menyerupai darah merpati/pigeoon bood yang dianggap sebagai batu ruby yang paling berharga. Pada awal 1990-an ditemukan sebuah deposit baru yang cukup besar di daerah Mong Hsu. Menurut pembagiannya, batu ruby jenis ini adalah batu ruby yang memiliki kualitas nomor satu di banding batu ruby jenis lain.
Para kolektor banyak sekali mencari jenis batu ini karena keindahan warnanya batu jenis birma ini memiliki warna merah terang seakan bercahaya, namun ada juga batu ruby birma yang berwarna agak merah muda dan kebiruan.
Thailand: Batu ruby ditemukan di Thailand, yaitu di wilayah  Chanthaburi. Dari sana dihasilkan  batu ruby yang memiliki warna merah kecokelatan atau merah keunguan. Belakangan produksi batu ruby dari Thailand menurun, dan Chanthaburi sekarang lebih dikenal sebagai pusat untuk pengolahan dan perdagangan permata.
Ruby Thailand pada umumnya sering disebut orang dengan ruby siam. Perbedaan antara ruby birma dan ruby siam adalah terletak pada warna. Ruby siam memiliki warna batu yang lebih gelap karena adanya percampuran antara khrom dan besi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar