Sabtu, 26 Maret 2016

Perbedaan Carat dengan Karat

Carat dan Karat adalah ukuran yang digunakan dalam perhiasan. Keduanya mungkin memiliki pengucapan yang sama namun digunakan untuk mengukur hal yang sama sekali berbeda. Carat adalah ukuran berat berlian dan batu mulia lainnya, sedangkan  karat adalah ukuran kemurnian logam mulia terutama emas.

Carat adalah ukuran berat batu mulia dan mutiara, dan terutama digunakan untuk menimbang berlian. 1 Carat sama dengan seperlima gram atau 200 mg. Jadi berlian 5 karat memiliki berat 1 gram. 1 Carat dibagi menjadi 100 poin. Berlian setengah karat juga disebut 50 point. Kata Carat berasal dari sejenis kacang yang disebut “carob bean” yang digunakan untuk mengukur batuan berharga. Kacang carob digunakan karena mereka memiliki berat yang konsisten. Pada tahun 1907, Satuan Carat mulai digunakan sebagai standar untuk mengukur batu permata dengan simbol “Ct“.


Karat adalah ukuran kemurnian logam. Karat terutama digunakan dalam mengukur kemurnian emas yang memiliki skala 1 sampai 24. Dua puluh empat karat adalah bentuk paling murni dari emas. Emas, dalam bentuk murninya merupakan logam yang lembut sehingga perlu ditambahkan paduan logam lain supaya bisa dibuat menjadi perhiasan. Logam paduan yang biasa ditambahkan pada emas antara lain adalah nikel, seng, atau tembaga. Emas 24 karat mengacu pada bentuk termurni dari emas dengan paling sedikit paduan ditambahkan ke dalamnya. Dua belas karat emas mengacu pada komposisi paduan 50:50. Yang paling umum digunakan sebagai perhiasan biasanya adalah emas 18 karat. Tapi di negara-negara seperti India, perhiasan 22 karat lebih disukai dan populer. Emas dengan tingkat kemurnian dibawah 10 karat, tidak dianggap sebagai emas. Tingkat karat biasanya tertera pada perhiasan dengan symbol “K” atau “C”.


http://cincindepok.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar